e-journal

e-journal

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

admin | Senin, 19 Juni 2017 - 12:09:17 WIB | dibaca: 232 pembaca

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Tingkat II Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas (Di Stikes Ranah Minang Padang Tahun 2013) 
 
ABSTRAK
 
Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang. salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan belajar peserta didik adalah pembelajaran kooperatif. Terdapat beberapa tipe dalam pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah tipe make a match. Tipe make a match merupakan Penerapan metode dengan tekhnik siswa mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban/soal sebelum batas waktunya. Populasi adalah mahasiswa tingkat II Prodi DIII Kebidanan semester IV STIKes Ranah Minang Padang tahun ajaran 2012/2013 dengan teknik pengambilan sampel total sampling berjumlah 44 orang. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi aktifitas mahasiswa. Analisa data dilakukan secara komputerisasi. Analisa data pada penelitian ini didasarkan pada refleksi tiap siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase observasi aktifitas belajar mahasiswa yang diperoleh pada siklus I adalah 42,3% meningkat menjadi 80,5% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas kelas A semester IV Prodi DIII Kebidanan tingkat II STIKes Ranah Minang Padang tahun 2012/2013. 
 
Kata Kunci : Aktifitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match 
 










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)