Penelitian

Penelitian 2014

Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Tentang Pergaulan Bebas

admin | Selasa, 04 Juli 2017 - 13:56:25 WIB | dibaca: 234 pembaca

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PERGAULAN BEBAS PADA SISWA KELAS XI DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG 2014

Wazni Adila1, Margareta Rinjani1, Susi Rukmala2

ABSTRAK

Hasil studi pendahuluan pada siswa di SMA Gajah Mada yaitu siswa pernah menonton video porno dan ada keinginan untuk meniru video tersebut, ciuman dan pelukan dengan pacarnya, merokok, dan minum-minuman keras. Faktor yang mempengaruhi pergaulan bebas, yaitu faktor lingkungan, pendidikan, kurangnya informasi dan belum memahami dampak pergaulan bebas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi terhadap perubahan Pengetahuan Siswa di SMA Gajah Mada tentang Pergaulan Bebas.

Bentuk penelitian yaitu quasi eksperimen dengan rancangan one group pre test post test. Intervensi yang diberikan berupa penyuluhan kesehatan tentang pergaulan bebas dengan metode ceramah dan tanya jawab menggunakan power point dan alat bantu LCD. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Jenis data yang diambil adalah data primer dengan menggunakan tes kognitif tertulis.

            Hasil penelitian tingkat pengetahuan responden sebelum penyuluhan dengan kategori baik yaitu 67.5%. Sesudah penyuluhan terjadi peningkatan, pengetahuan responden dengan kategori baik, yaitu 87.5% (terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 20%). Pengetahuan tersebut dipengaruhi berbagai faktor. Hasil uji statistik menggunakan T-test jenis paired sample diperoleh mean sebesar -2.775, nilai mean pengetahuan sebelum penyuluhan 22.85 dan sesudah 25.62 (peningkatan 2.77%). Standar deviasi 3.984, nilai t hitung -4.405, p = 0.000 berarti penelitian ini sangat bermakna karena probabilitas kurang dari 0.05 (0.000 < 0.05).

            Kesimpulannya bahwa penyuluhan kesehatan reproduksi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan pengetahuan siswa tentang pergaulan bebas. Saran yaitu dengan adanya penyuluhan kesehatan reproduksi yang telah diberikan, diharapkan penyuluhan kesehatan reproduksi ini dapat diberikan secara terprogram pada institusi pendidikan.

Kata Kunci : Penyuluhan Kesehatan Reproduksi, Pengetahuan, Pergaulan Bebas

 

Dosen Akademi Kebidanan Adila

Mahasiswa Akademi Kebidanan Adila 

 










Komentar Via Website : 1
Obat pilek menahun di apotik
02 Agustus 2017 - 09:04:50 WIB
Terimakasih infonya gan http://ow.ly/2XZr30e5UxY
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)