Penelitian

Penelitian 2014

Karakteristik Ibu Hamil Yang Melakukan Kunjungan (K4) Di Puskesmas Sukamaju Provinsi Lampung

admin | Selasa, 04 Juli 2017 - 12:02:13 WIB | dibaca: 472 pembaca

KARAKTERISTIK IBU HAMIL YANG MELAKUKAN KUNJUNGAN KE-EMPAT (K4) DI PUSKESMAS SUKAMAJU

PROVINSI LAMPUNG

2014

  Meryana Cevestin, Yuhelva Destri, Yetti Mauliza

  ABSTRAK

 

ANC (antenatal care) adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan untuk memeriksakan keadaan ibu dan janin secara berkala, yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang ditentukan. K4 adalah kontak ibu hamil dengan petugas kesehatan yang keempat (atau lebih), Untuk mendapatkan pelayanan antenatal sesuai standart yang ditetapkan, dengan syarat minimal satu kali pada trimester pertama, minimal satu kali di trimester kedua, minimal dua kali di trimester pertama, minimal dua kali di trimester ketiga. Cakupan K4 pada tahun 2009 pada provinsi lampung adalah sebesar 88,2% dari target 95%. Kota Bandar Lampung cakupan K4 pada tahun 2008 cakupan K4 lebih meningkat yaitu 92% dari target 95%. Cakupan K4 di Puskasmas Sukamaju Provinsi Lampung periode Maret sampai Mei 2013 target sebesar 95%, cakupannya sebesar 72,32% dari target 95%. Tujuan penelitian Untuk mengetahui karakteristik ibu yang melakukan  kunjungan K4 di Puskesmas Sukamaju tahun 2014 berdasarkan pekerjaan, pengetahuan, ekonomi, dan jarak.

Metode penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III yang berkunjung pada saat  penyebaran kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah univariat yaitu menggunakan destribusi frekuensi sub variable yaitu pekerjaan, pengetahuan, ekonomi dan jarak.

Hasil penelitian menunjukan kunjungan K4 ibu hamil di Puskesmas Sukamaju tahun 2014 berdasarkan pekerjaan ibu pada ibu yang tidak bekerja (92%) dan ibu yang bekerja (8%), berdasarkan pengetahuan ibu yang berpengetahuan baik (48%) dan tidak baik (52%), berdasarkan ekonomi ibu yang penghasilan tinggi (21%) dan rendah (79%), dan berdasarkan jarak ibu yang bertempat tinggal dekat (47%) dan yang bertempat tinggal jauh (53%). Dalam penelitian ini disarankan untuk meningkatkan kepedulian tenaga kesehatan untuk memberi penyuluhan  tentang pentingnya kunjungan rutin ibu hamil khususnya kunjungan K4.

 

Kata Kunci: Karakteristik, ibu hamil, kunjungan K4










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)