Penelitian

Penelitian 2014

Hubungan Tingkat Stres Dengan Siklus Menstruasi Pada Siswa Kelas XI SMA Gajah Mada Bandar Lampung

admin | Selasa, 04 Juli 2017 - 13:48:25 WIB | dibaca: 265 pembaca

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN SIKLUS MENSTRUASI

PADA SISWA KELAS XI SMA GAJAH MADA

BANDAR LAMPUNG 2014

Nopa Utari

Akademi Kebidanan Adila

ABSTRAK 

Stres dapat mempengaruhi semua bagian dari kehidupan seseorang, termasuk pada remaja. Stres juga diketahui sebagai salah satu penyebab terganggunya siklus menstruasi yang sering dialami oleh para remaja. Hormon-hormon stres mempengaruhi hormon estrogen yang dapat mengakibatkan terganggunya siklus menstruasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan siklus menstruasi.

Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun 2014. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, yaitu sebanyak 111 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Analisis data melalui dua tahapan, yaitu analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan bivariat untuk melihat hubungan dengan uji statistik chi square.

Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar siswa mengalami stres dengan tingkat stres sedang, yaitu sebanyak 64 orang (57,66%), dan mengalami gangguan siklus menstruasi sebanyak 81 orang (72,97%). Hasil analisis chi square, menunjukkan nilai p value = 0,012. Hasil ini membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan siklus menstruasi.

Sebagai upaya mengatasi stres, siswa diharapkan melakukan kegiatan yang positif, sehingga dapat menurunkan tingkat gangguan siklus menstruasi. Sekolah, orang tua dan lingkungan diharapkan menjadi bagian dari upaya untuk mengurangi tingkat stres pada remaja.

 

Kata kunci : Tingkat Stres, Siklus Menstruasi










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)