Penelitian

Penelitian 2014

Hubungan Pengetahuan Tentang Teknik Menyesui Dengan Kejadian Lecet Puting Pada Ibu Primipira

admin | Selasa, 04 Juli 2017 - 12:10:33 WIB | dibaca: 298 pembaca

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG TEKNIK MENYUSUI DENGAN KEJADIAN LECET PUTING PADA IBU

PRIMIPARA DI BPS KARTINI

2014

Nico Desy P.1, Sutriningsih 1, Yurika Anggraini2

ABSTRAK

Kegagalan pemberian ASI bukan hanya disebabkan karena rendahnya kesadaran ibu untuk memberikan ASI tetapi dapat disebabkan pengeluaran ASI yang tidak efisien akibat dari teknik menyusui yang buruk, lecet puting. Berdasarkan data register BPS Retno Ningsih didapat kejadian lecet puting pada ibu menyusui tahun 2009 sebesar 27,4% dan meningkat ditahun 2010 menjadi 34,2%. Tujuan penelitian adalah diketahui hubungan pengetahuan tentang teknik menyusui dengan terjadinya lecet puting pada ibu primipara di BPS Kartini tahun 2014.

Jenis penelitian adalah analitik. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu post partum primipara di BPS Kartini sebesar 30 orang. Besar sampel 30 orang. Analisis data menggunakan chi square.

Hasil penelitian didapat pengetahuan lebih tinggi pada kategori kurang baik sebesar 16 orang (53,3%), terjadinya lecet puting ibu primipara lebih tinggi pada kategori tidak lecet sebesar 19 orang (63,3%). Hasil uji chi square didapat ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang teknik menyusui dengan terjadinya lecet puting pada ibu primipara p value < dari ά  (0,046 < 0,05). Diharapkan petugas kesehatan BPS Kartini untuk mensosialisasikan teknik menyusui sejak masa kehamilan.

 

Kata kunci : Pengetahuan, Teknik menyusui, Lecet puting










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)