e-journal

E-journal

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DI RB KHARISMA PANJANG BANDAR LAMPUNG 2016

admin | Jumat, 11 Mei 2018 - 08:54:19 WIB | dibaca: 378 pembaca

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA

DI RB KHARISMA PANJANG BANDAR LAMPUNG

2016

 

Gusrika Rambe

 

ABSTRAK

 

Anemia memberi pengaruh kurang baik bagi ibu, baik dalam kehamilan, persalinan maupun dalam nifas dan masa selanjutnya. Berbagai penyulit dapat timbul akibat anemia, seperti: abortus, partus prematurus, partus lama, perdarahan post partum, syok, infeksi, anemia yang sangat berat <4 gr/100 ml dapat menyebabkan dekompensasi kordis (Prawirohardjo, 2007). Frekuensi ibu hamil dengan Anemia di Indonesia relatif tinggi yaitu 63,5 %, sedangkan di Amerika hanya 6%. Kekurangan gizi dan perhatian yang kurang terhadap ibu hamil menurut predisposisi anemia defisiensi ibu hamil di Indonesia (Saifuddin, 2006).

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pengetahuan  ibu hamil tentang anemia dikategorikan baik dengan 2 orang (6,4%), cukup 64,5%, kurang 29,0%.

Diharapkan agar penelitian ini dapat dijadikan  masukan agar anemia pada ibu hamil dapat teratasi dengan baik dengan melakukan penyuluhan pada ibu hamil tentang anemia seperti dampak, pengaruh, pencegahannya. Dan memberikan lieflet ataupun poster yang dapat mempengaruhi persepsi ibu tentang anemia agar mencegah resiko terjadinya anemia.

 

Kata Kunci        : Kehamilan dan Anemia

 










Komentar Via Website : 13
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)