e-journal

Jurnal

GAMBARAN FAKTOR PEMILIHAN PENOLONG PERSALINAN OLEH IBU BERSALIN DI WILAYAH KERJA POSYANDU WIDURI II

admin | Senin, 11 September 2017 - 15:00:38 WIB | dibaca: 227 pembaca

GAMBARAN FAKTOR PEMILIHAN PENOLONG PERSALINAN OLEH IBU BERSALIN DI

WILAYAH KERJA POSYANDU WIDURI II PUSKESMAS SUKAMAJU KECAMATAN

TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

2016

 

Akademi Kebidanan Adila Bandar Lmapung 

 

 Oktaria Safitri , Margareta Rinjani, Dian Sefrina

 

 ABSTRAK

 Berdasarkan hasil pra survey di Puskesmas Sukamaju Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung pada  bulan Januari sampai November 2015 menunjukkan cakupan persalinan yang 86,89 % ditolong oleh tenaga kesehatan dan sebanyak  16 atau 3% persalinan ditolong oleh tenaga non nakes (dukun), jumlah ini masih berada di bawah cakupan pertolongan di nakes sebenarnya yaitu 90%. Posyandu Widuri II merupakan salah satu daerah yang memiliki cakupan persalinan nakes terendah yaitu sebesar 50%. Berbagai faktor dapat mempengaruhi pemilihan pertolongan persalinan diantaranya faktor pendidikan, faktor keluarga, faktor tenaga kesehatan, dan peran serta masyarakat seperti faktor lingkungan maupun sosial budaya. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Pemilihan Persalinan Oleh Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Posyandu Widuri. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi di Posyandu Widuri II puskesmas Sukamaju Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung pada tahun 2016 berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai beerikut:

1.   Dari 25 ibu yang melakukan persalinan sebanyak 14 (56,0%) ibu memilih tenaga kesehatan sebagai penolong persalinannya

2.   Berdasakan tingkat pendidikan ibu, dari 25 ibu yang melakukan persalinan sebanyak 19 (76%) ibu mempunyai pendidikan rendah.

3.   Berdasarkan tingkat pendapatan ibu, dari 25 ibu yang melakukan persalinan sebanyak 23 (92%) ibu mempunyai pendapatan rendah.

4.   Berdasarkan jarak tempuh ke pelayanan kesehatan, dari 25 ibu yang  melakukan persalinan sebanyak 17 (68%) ibu mempunyai tempat tinggal yang dekat dengan pelayanan kesehatan.

 

Kata Kunci : Posyandu, Persalinan, Peran serta Masyarakat, Penolong Persalinan










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)